Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

SMK AKN Selaraskan Kurikulum dengan Gandeng Industri Ternama

Warta Sekolah

SMK AKN Selaraskan Kurikulum – SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati terus menerus berinovasi dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah dengan melakukan penyelarasan kurikulum dengan dunia industri. Baru-baru ini, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati telah menggandeng dua perusahaan terkemuka di bidang teknologi, yaitu PT Taman Media Indonesia (Crocodic) dan PT Loka Jaya, dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan dalam program keahlian rekayasa perangkat lunak dan gim. Pengalaman ini menarik untuk dibahas, karena telah memberikan hasil yang positif bagi SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati serta mahasiswa yang berkecimpung di bidang tersebut.

Program keahlian rekayasa perangkat lunak dan gim yang ditawarkan oleh SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati telah mendapatkan respons yang positif dari dunia industri. Dua perusahaan ternama yaitu PT Taman Media Indonesia (Crocodic) dan PT Loka Jaya, telah memberikan dukungan penuh dalam mengembangkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri. Hal ini merupakan langkah penting untuk membuat lulusan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan siap untuk bekerja di dunia industri.

Penyelarasan kurikulum dengan dunia industri sangat diperlukan dalam dunia pendidikan saat ini, terutama di bidang teknologi. Dengan adanya kerjasama dengan PT Taman Media Indonesia (Crocodic) dan PT Loka Jaya, para siswa SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

SMK AKN Selaraskan Kurikulum dengan Gandeng Industri Ternama

Workshop Penyelarasan Kurikulum DUDIKA dengan SMK AKN

“Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja” yang digelar pada 12-14 Oktober 2023 telah melahirkan kurikulum berstandar industri. Sebagai bagian dari Program SMK PK, Penyelarasan kurikulum ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Dengan penyelarasan ini, diharapkan lulusan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi dapat langsung bekerja di dunia industri setelah lulus.

Proses penyelarasan kurikulum dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu:

Tahap 1: Analisis Kebutuhan Dunia Industri

Pada tahap ini, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi melakukan analisis kebutuhan dunia industri terhadap kompetensi lulusan SMK di bidang rekayasa perangkat lunak dan gim. Analisis ini dilakukan dengan melibatkan perwakilan dari PT Taman Media Indonesia dan PT Loka Jaya.

Tahap 2: Penyusunan Kurikulum

Berdasarkan hasil analisis kebutuhan dunia industri, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi menyusun kurikulum baru untuk program keahlian rekayasa perangkat lunak dan gim. Kurikulum baru ini disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri.

Tahap 3: Implementasi Kurikulum

Kurikulum baru tersebut kemudian diimplementasikan di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi. Implementasi kurikulum ini dilakukan dengan melibatkan guru dan tenaga pendidik SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi, serta perwakilan dari PT Taman Media Indonesia dan PT Loka Jaya.

Pada tahap implementasi, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi juga melakukan uji coba kurikulum baru tersebut. Uji coba ini dilakukan untuk memastikan bahwa kurikulum baru tersebut dapat berjalan dengan baik.

Penyelarasan kurikulum ini merupakan salah satu upaya SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi. Dengan penyelarasan ini, diharapkan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja dan berwirausaha.

Manfaat Penyelarasan Kurikulum

SMK AKN Selaraskan Kurikulum dengan Gandeng Industri Ternama. Penyelarasan kurikulum memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

Meningkatkan relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia kerja

Dengan penyelarasan kurikulum, lulusan SMK diharapkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, lulusan SMK dapat langsung bekerja di dunia industri setelah lulus.

Meningkatkan kualitas lulusan SMK

Penyelarasan kurikulum dapat membantu meningkatkan kualitas lulusan SMK. Lulusan SMK yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja diharapkan memiliki daya saing yang tinggi di dunia kerja.

Meningkatkan daya saing SMK

Penyelarasan kurikulum dapat membantu meningkatkan daya saing SMK. SMK yang memiliki kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja akan lebih diminati oleh calon peserta didik.

Penyelarasan kurikulum merupakan upaya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Dengan penyelarasan kurikulum, diharapkan lulusan SMK dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dapat langsung bekerja setelah lulus.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0