Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

Magang Guru SMK AKN: Meningkatkan Kompetensi & Relevansi Vokasi

Warta Sekolah

Magang Guru SMK – SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati mengadakan magang guru untuk semua jurusan, yaitu TKJ, RPL, dan TKR. Tempat magang guru disesuaikan dengan jurusan masing-masing. Guru TKJ magang di PT Telkom Indonesia, guru RPL magang di PT Taman Media Indonesia, dan guru TKR magang di AHASS dan Mans Group.

Magang guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi adalah program yang diadakan oleh SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi Pati untuk memberikan pengalaman praktis kepada para guru, terutama guru TKJ (21 Agustus 2023 – 2 September 2023), RPL (10-24 Juli 2023), dan TKR (17-29 Juli 2023). Tujuan dari magang guru ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan praktis para guru, sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih baik dan sesuai dengan perkembangan teknologi yang terbaru. Selain itu, magang ini juga dapat memberikan gambaran kepada para guru mengenai dunia kerja yang sebenarnya dan menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dan perusahaan.

Manfaat Magang Guru

Magang guru memiliki sejumlah manfaat, baik bagi guru maupun peserta didik.

Manfaat magang guru bagi guru:

Meningkatkan kompetensi guru

Magang guru dapat membantu guru untuk meningkatkan kompetensinya, baik dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Guru dapat belajar langsung dari praktisi di dunia industri tentang keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Meningkatkan relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia kerja

Magang guru dapat membantu guru untuk menyesuaikan kompetensinya dengan kebutuhan dunia kerja, hal ini selaras dengan program reskilling upskilling dalam kurikulum merdeka. Dengan demikian, lulusan SMK dapat memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dapat langsung bekerja setelah lulus.

Meningkatkan daya saing guru

Magang guru dapat membantu guru untuk meningkatkan daya saingnya di dunia kerja. Guru yang memiliki kompetensi yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja akan lebih diminati oleh sekolah.

Magang Guru SMK AKN: TKR

Manfaat magang guru bagi peserta didik:

Meningkatkan pemahaman peserta didik tentang dunia kerja

Peserta didik dapat belajar tentang dunia kerja secara langsung dari guru yang telah magang di dunia industri. Peserta didik dapat mengetahui tugas dan tanggung jawab yang harus mereka kerjakan di dunia kerja, serta tantangan dan peluang yang akan mereka hadapi.

Meningkatkan keterampilan kerja peserta didik

Peserta didik dapat belajar keterampilan kerja langsung dari praktisi di dunia industri. Keterampilan kerja yang diperoleh peserta didik dapat menjadi bekal mereka untuk bekerja setelah lulus SMK.

Meningkatkan motivasi peserta didik

Peserta didik dapat termotivasi untuk belajar lebih giat dan mengembangkan diri setelah mengetahui pengalaman guru yang telah magang di dunia industri.

Hasil Magang Guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi

Magang guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi berjalan dengan lancar dan sukses. Para guru yang mengikuti magang mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini.

“Saya sangat senang dapat mengikuti magang di PT Telkom Indonesia. Saya belajar banyak hal tentang teknologi dan jaringan dari para praktisi di sana,” ujar Pak Luvi, salah satu guru TKJ yang mengikuti magang.

“Saya juga sangat senang dapat mengikuti magang di PT Taman Media Indonesia. Saya belajar banyak hal tentang pengembangan game dari para praktisi di sana,” ujar Pak Echo, salah satu guru RPL yang mengikuti magang.

“Saya juga sangat senang dapat mengikuti magang di AHASS Tayu. Saya belajar banyak hal tentang otomotif dari para praktisi di sana,” ujar Pak Wiranto, salah satu guru TKR yang mengikuti magang.

Kepala SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi, pak Winarno, S.Pd., berharap agar kegiatan magang guru ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. “Kami berharap agar kegiatan magang guru ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. Dengan kegiatan ini, kami berharap agar guru dan peserta didik dapat meningkatkan kompetensinya dan relevansi pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia kerja,” ujar Winarno.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0