Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

Kunjungan Industri GameLab by PT Educa Sisfomedia Indonesia

Warta Sekolah

Kunjungan Industri GameLab – Gamelab Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan pendidikan yang merupakan anak usaha dari PT Educa Sisfomedia Indonesia. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa mengenai dunia kerja di industri teknologi dan pendidikan.

Kunjungan industri ini berlangsung selama satu hari penuh, dimana siswa akan diajak untuk mengikuti berbagai macam kegiatan yang diadakan oleh Gamelab Indonesia. Selain itu, mereka juga akan diajak untuk melakukan pengamatan langsung di lingkungan kerja perusahaan tersebut.

Kegiatan yang diadakan oleh Gamelab Indonesia dalam kunjungan industri ini sangat beragam dan menarik. Siswa akan diberikan penjelasan mengenai proses produksi suatu produk teknologi, mulai dari rancangan awal hingga menjadi produk yang siap dijual kepada masyarakat. Mereka juga akan diajak untuk mengikuti workshop atau pelatihan yang disesuaikan dengan bidang keahlian mereka.

Selain itu, siswa juga akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan karyawan yang bekerja di Gamelab Indonesia. Mereka dapat mengajukan pertanyaan mengenai pekerjaan dan pengalaman kerja di perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai dunia kerja di industri teknologi dan pendidikan.

Kunjungan Industri GameLab Salatiga

Kunjungan Industri SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi ke GameLab berlangsung pada 27 September 2023. Kunjungan Industri bertujuan untuk mengenalkan dunia industri kepada adik-adik yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi.

Kunjungan Industri ke GameLab Salatiga

Agenda Kegiatan

Agenda dimulai dengan pengenalan industri kreatif kepada siswa-siswi SMK Telkom Terpadu Akn Marzuqi Pati. Diketahui, industri kreatif merupakan sektor ekonomi kreatif yang turut berperan dalam peningkatan pendapatan ekonomi Nasional.

Industri kreatif berfokus pada produksi dan eksploitasi kreativitas, pengetahuan, dan bakat individu atau kelompok untuk menciptakan produk dan layanan yang memiliki nilai estetika, budaya, atau intelektual.

Industri kreatif juga mencakup bidang yang sangat luas, seperti seni, desain, media, hiburan, teknologi, mode, dan banyak lagi. Ini adalah sektor yang dinamis yang menggabungkan aspek budaya, ekonomi, dan teknologi untuk menghasilkan inovasi dan karya-karya yang unik.

Pada kesempatan ini, pengenalan mengenai industri kreatif disampaikan oleh perwakilan Gamelab Indonesia, Kak Nia. Kak Nia memberikan contoh mengenai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif, yakni PT Educa Sisfomedia Indonesia yang memiliki dua startup aktif bernama Educa Studio dan Gamelab Indonesia (Gamelab).

Agenda kegiatan kunjungan smk telkom pati ke gammelab

Startup Educa Studio merupakan perusahan yang berfokus pada pengembangan media pendidikan yang berbasis permainan (game). Educa memiliki tujuan ingin menciptakan proses belajar yang menyenangkan bagi anak di bawah umur.

Karena itu, Educa memiliki ‘slogan’ yang disebutnya sebagai CEMUMU, yaitu komitmen menghadirkan proses belajar sambil bermain yang cepat tepat, mudah murah, dan muenyenangkan.

Educa sendiri telah merilis lebih dari 1000 produk, dengan total aplikasi terdownload mencapai lebih dari 35 juta kali. Produk-produk Educa antara lain Mari Belajar (Marbel) yang membantu anak belajar angka, huruf, dan pelajaran Tk & PAUD lainnya.

Selain Marbel, ada pula Riri (Cerita Anak Inspiratif) dalam bentuk buku digital dan animasi. Kemudian Kisah Teladan Nabi (Kabi) yang menceritakan kumpulan cerita para nabi dengan narasi, suara, dan animasi. Lalu ada produk bernama Kolak (Lagu Anak Indonesia) yang cocok untuk melatih fungsi otak dan melatih anak bicara.

Di sisi lain, Gamelab Indonesia merupakan sebuah platform pendidikan dan pelatihan yang bisa membantumu mengoptimalkan skill digital dengan panduan materi dari para instruktur profesional dengan pengalaman yang teruji di bidangnya.

Sampai saat ini, Gamelab telah memiliki ribuan peserta yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain sebagai tempat pelatihan, Gamelab berkomitmen untuk membantu SMK mencetak lulusan yang kompeten dan siap kerja melalui sebuah program bernama SMK Binaan.

Sesi foto bersama gamelab smk telkom terpadu akn marzuqi

Di SMK Binaan, peserta yang merupakan siswa-siswi SMK akan dibimbing oleh trainer profesional melalui pengadaan kelas khusus yang disebut Kelas Industri. Harapannya, SMK bisa menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri masa kini.

Program Gamelab lainnya antara lain magang bersertifikasi (MSIB) Kampus merdeka untuk mahasiswa, magang/PKL online untuk siswa SMK dan mahasiswa, kelas akademi di bidang teknologi, kreatif/desain, dan manajemen bisnis. Serta pelatihan Prakerja bagi penerima manfaat program Kartu Prakerja.

Pengenalan tentang industri yang bergerak di bidang kreatif ini tentu memberikan wawasan dan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi adik-adik SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi dalam menentukan karier masa depan di bidang yang relevan.

Webinar Proses Produksi Game

Setelah mendapatkan wawasan mengenai perusahaan industri kreatif, agenda dilanjutkan dengan webinar bersama ahli game developer, yakni Kak Candra, seorang game developer Educa Studio. Kak Candra memaparkan bagaimana sebuah game dibuat sebelum rilis di pasaran. Proses pembuatan game ini dimulai dari tahapan perencanaan, produksi, hingga pasca-produksi.

Saat membuat game, beberapa hal harus dipastikan demi menghindari adanya kesalahan pada program yang diciptakan. Diharapkan, penjelasan Kak Candra mengenai proses ini dapat memacu semangat siswa-siswi SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang di masa depan mungkin juga ingin bisa memproduksi game-nya sendiri.

Mencoba Game VR dan Menonton Showcase Animasi

Kesempatan berharga lainnya didapatkan oleh siswa-siswi SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang bekesempatan mencoba game virtual reality (VR) buatan Gamelab dan Educa. Di industri game, teknologi VR menjadi salah satu yang dipertimbangkan karena mampu mengubah cara kita bermain dan berinteraksi dengan sebuah permainan.

Mencoba game vr virtual reality

Dengan mencoba game VR, adik-adik SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi pun memperoleh pengalaman bermain game yang lebih immersif seolah sepenuhnya berada di dalam permainan dan terlibat dalam dunia fantasi digital. Ini tentu memberikan kesenangan tersendiri bagi mereka.

Siswa-siswi SMK Telkom Terpadu Akn Marzuqi juga berkesempatan melihat karya animasi luar biasa buatan peserta magang dan Kelas Industri Gamelab. Produk-produk kreatif itu bisa ditemukan oleh mereka melalui Kunjungan Industri.

Mencoba game html5

Penutup

Kunjungan Industri ke GameLab memberikan wawasan dan pengetahuan kepada siswa mengenai dunia kerja di industri teknologi dan pendidikan. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai proses produksi suatu produk teknologi, mulai dari rancangan awal hingga menjadi produk yang siap dijual kepada masyarakat.

Kunjungan industri ini berlangsung selama satu hari penuh dan beragam kegiatan menarik diselenggarakan oleh Gamelab Indonesia, anak usaha dari PT Educa Sisfomedia Indonesia. Siswa diajak untuk mengikuti workshop atau pelatihan yang disesuaikan dengan bidang keahlian mereka serta berinteraksi langsung dengan karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Pengenalan mengenai industri kreatif juga disampaikan oleh perwakilan Gamelab Indonesia, dimana perusahaan ini berfokus pada pengembangan media pendidikan yang berbasis permainan (game). Siswa juga diperkenalkan dengan berbagai produk yang sudah dirilis oleh perusahaan ini.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0