Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

IHT Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka 2024

Warta Sekolah

In House Training IHT Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka 2024 sebagai bentuk komitmen SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi sebagai Sekolah Pusat Keunggulan di Kabupaten Pati.

SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi, yang telah ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan skema lanjutan, kembali memperkuat komitmennya terhadap pendidikan berkualitas dengan menyelenggarakan In House Training Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka. Acara ini digelar pada Kamis, 20 Juni 2024, di lingkungan sekolah yang terletak di Kampus SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi, dan dibuka secara resmi oleh kepala sekolah, Winarno S.E.S., S.Pd.

In House Training Kurikulum Merdeka SMK AKN

In-house training adalah program pelatihan yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk karyawan mereka sendiri. Pelatihan ini dilakukan di dalam lingkungan perusahaan tersebut, sehingga peserta tidak perlu pergi ke tempat lain. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi karyawan sesuai dengan kebutuhan spesifik sekolah.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Gatot Wijayanto, S.Pd., M.Pd, pengawas sekolah yang dikenal memiliki rekam jejak kuat dalam pembinaan sekolah-sekolah unggulan. Dalam sambutannya, Gatot Wijayanto menegaskan pentingnya inovasi dan adaptasi dalam dunia pendidikan, khususnya pada era yang terus berkembang seperti saat ini melalui pengembangan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) yang berkarakter khas sekolah.

IHT Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka 2024

Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) adalah pedoman yang disusun oleh sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum nasional dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan lokal serta potensi siswa. KOSP mencakup berbagai aspek, mulai dari tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, hingga evaluasi dan penilaian.

Di dalam KOSP, program kebugaran siswa dimasukkan sebagai bagian integral untuk mendukung perkembangan fisik dan mental anak. Program kebugaran mencakup aktivitas fisik rutin, olahraga, dan edukasi tentang pentingnya gaya hidup sehat.

“Sinergitas antara sekolah dan manajemen yayasan merupakan fondasi penting bagi keberhasilan pendidikan. Kolaborasi yang erat dan harmonis antara pihak sekolah dan yayasan memastikan tercapainya visi dan misi pendidikan dengan optimal,” ujar Gatot Wijayanto dengan penuh semangat.

Dengan adanya komunikasi yang efektif, pembagian peran yang jelas, serta dukungan penuh dari manajemen yayasan, sekolah dapat menghadirkan lingkungan belajar yang kondusif, inovatif, dan berorientasi pada perkembangan holistik siswa. Sinergitas ini tidak hanya meningkatkan mutu pendidikan tetapi juga membangun kepercayaan dan hubungan jangka panjang antara semua pemangku kepentingan dalam ekosistem pendidikan

Kepala sekolah Winarno S.E.S., S.Pd., juga menyampaikan harapan besarnya terhadap penyelenggaraan In House Training ini. Menurutnya, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi harus mampu membuktikan diri sebagai sekolah islami yang tidak hanya unggul dalam nilai-nilai keagamaan tetapi juga adaptif dengan kebutuhan industri saat ini dan mendatang.

“Dengan terlaksananya pelatihan ini, kami berharap para pendidik di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi dapat semakin kompeten dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan relevan dengan dunia industri,” kata Winarno S.E.S., S.Pd.

Pelatihan yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi ini dirancang untuk menghadirkan pendekatan-pendekatan baru dalam pengajaran, yang tidak hanya berpusat pada penguasaan materi, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi sesuai dengan Capaian Pembelajaran terbaru dari BSKAP Nomor 032/H/KR/2024.

Sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi pionir dalam pendidikan berbasis industri yang membentuk siswa-siswi berakhlak mulia dan berkompetensi tinggi. Kegiatan ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat peran sekolah dalam mencetak lulusan yang memenuhi kebutuhan dunia kerja, baik di level nasional maupun internasional.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0