Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

Pedoman Simorin: Monitoring Prakerin Deteksi Wajah dan GPS

Fasilitas Sekolah

Pedoman Simorin: Sistem Monitoring Prakerin dengan Deteksi Biometei Wajah dan GPS (Global Positioning System) dari Sekolah Pusat Keunggulan di Kabupaten Pati SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi. Simorin diluncurkan pada penerjunan Prakerin tahun ajaran 2023/2024 dan halaman ini menjelaskan tentang pedoman Simorin sebagai sistem monitoring Prakerin.

Praktik Kerja Industri (Prakerin) adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan vokasi di Indonesia. Untuk memastikan keterlibatan dan kehadiran siswa selama Prakerin, teknologi bisa menjadi solusi yang efektif dan efisien. Simorin adalah aplikasi revolusioner yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini, dengan fitur-fitur canggih seperti deteksi wajah dan sistem GPS. Berikut adalah panduan lengkap untuk menggunakan Simorin dalam monitoring Prakerin.

Apa itu Simorin?

Simorin adalah sistem informasi monitoring Prakerin yang dirancang khusus untuk merekam absensi dan aktivitas siswa selama menjalankan Prakerin (Praktik Kerja Industri). Aplikasi ini menggunakan teknologi biometri untuk mendeteksi wajah, serta GPS untuk memastikan lokasi siswa saat melakukan absensi.

Fitur Unggulan Simorin

  1. Deteksi Wajah
    • Teknologi biometri yang canggih memungkinkan aplikasi merekam kehadiran siswa dengan deteksi wajah yang akurat. Ini mengurangi kemungkinan kecurangan, seperti titip absen.
  2. Sistem GPS
    • Dengan sistem GPS, aplikasi dapat memastikan bahwa siswa berada di lokasi Prakerin yang telah ditentukan. Ini membantu pengawasan dan memastikan kehadiran fisik siswa sesuai dengan jadwal.
  3. Absensi Real-Time
    • Simorin menyediakan laporan kehadiran secara real-time yang dapat diakses oleh pembimbing. Ini memudahkan pemantauan dan evaluasi kinerja siswa secara berkelanjutan.
  4. Laporan Kerja (Jurnal Prakerin)
    • Simorin menyediakan laporan kerja atau jurnal kegiatan prakerin secara real-time yang dapat diakses oleh pembimbing. Ini memudahkan supervisi dan pembimbingan yang efektif.
  5. User Interface yang Ramah Pengguna
    • Desain antarmuka Simorin dibuat sederhana dan intuitif, sehingga mudah digunakan oleh siswa, pembimbing yang tersedia dalam bentuk aplikasi Android dan juga bisa diakses dari perangkat yang memiliki kamera.
Pedoman Simorin: Monitoring Prakerin Deteksi Wajah dan GPS

Cara Menggunakan Simorin

Melalui pedoman Simorin ini, siswa dapat masuk login menggunakan email yang telah didaftarkan, secara berurutan siswa yang menggunakan aplikasi Simorin diwajibkan melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menginstal Simorin
  2. Registrasi dan Login
    • Siswa dan pembimbing melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah registrasi, bisa melakukan masuk login ke dalam aplikasi.
  3. Pengaturan Akun
    • Pada menu “Akun”, siswa harus melengkapi:
      • (1) profil (kelas, tempat prakerin dan lain sebagainya),
      • (2) mendaftarkan foto wajah pada aplikasi sehingga memudahkan deteksi biometri,
      • (3) mengganti email atau password, ini opsional, dan
      • (4) menambahkan jam kerja,
  4. Absensi Harian dan Laporan Kerja
    • Setiap hari, siswa harus melakukan absensi dengan mendekatkan wajah ke kamera perangkat yang mendukung aplikasi Simorin. Deteksi wajah dan GPS akan mencatat kehadiran secara otomatis. Selain itu siswa juga harus mengisi jurnal kegiatan Prakerin melalui menu “Laporan Kerja”.

Monitoring dan Evaluasi

  • Pembimbing bisa memantau kehadiran dan aktivitas siswa melalui dashboard yang tersedia. Sistem menghasilkan laporan harian, dan bulanan yang dapat diunduh dan dievaluasi.

Manfaat Penggunaan Simorin

  • Efisiensi dan Akurasi: Menggunakan deteksi wajah dan GPS memastikan data kehadiran yang akurat dan mencegah kecurangan.
  • Pengawasan yang Lebih Baik: Laporan real-time memungkinkan pengawasan yang lebih efektif oleh pembimbing.
  • Kemudahan Akses: Aplikasi yang mudah digunakan dan dapat diakses dari berbagai perangkat memudahkan semua pihak dalam menjalankan tugasnya.

Kesimpulan

Simorin adalah solusi efektif untuk monitoring Prakerin yang memanfaatkan teknologi mutakhir untuk memastikan kehadiran dan partisipasi siswa. Dengan fitur deteksi wajah dan GPS, aplikasi ini memberikan akurasi dan efisiensi tinggi dalam pengelolaan data kehadiran. Bagi sekolah, Simorin adalah investasi berharga untuk meningkatkan kualitas dan transparansi dalam pelaksanaan Prakerin.

Dengan menggunakan Simorin, kita tidak hanya memastikan kedisiplinan siswa tetapi juga meningkatkan kualitas pengalaman belajar mereka dalam dunia industri. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam pelaksanaan Prakerin

Troubleshoot, Kendala dan Solusi, Sering Ditanyakan

Ada beberapa pertanyaan yang berhasil dihimpun, dari pertanyaan tersebut berisi error aplikasi error pengguna. Berikut ini daftarnya:

No Camera

Error: Indikasi yang muncul adalah “No Camera” padahal biasanya bisa absen.

Solusi: Aktifkan GPS, karena sistem meminta GPS + Camera pada saat aplikasi berjalan. Jika tidak dituruti salah satu maka aplikasi tidak bisa digunakan untuk absensi.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0