Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

Mahameru EVI 2024: Inovasi Kendaraan Listrik Bhayangkara ke-78

Warta Sekolah

Dalam rangka merayakan Hari Bhayangkara ke-78, Polda Jawa Timur menggelar sebuah acara istimewa yang bertajuk MAHAMERU EVI (Electronic Vehicle Innovation) 2024. Acara yang dilaksanakan selama empat hari ini, dimulai dari tanggal 24 Juni hingga 27 Juni 2024, berlokasi di Lapangan Tennis Presisi Polda Jatim dan Halaman Ditsamapta Polda Jatim.

Pelatihan dan Perakitan Motor Konversi

Pada hari pertama, tanggal 24 Juni 2024, acara dimulai dengan pelatihan bagi para peserta yang terdiri dari 50 perwakilan SMK dan Balai Latihan Kerja (BLK) se-Jawa, termasuk SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi dari Kabupaten Pati, yang merupakan Sekolah Pusat Keunggulan. Pelatihan ini diberikan oleh Bengkel PT Mitra Metal, yang sudah terdaftar di Kementerian ESDM, untuk memastikan para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melakukan konversi motor fosil menjadi motor listrik.

Pelatihan hari pertama dilanjutkan dengan kegiatan inti berupa perakitan motor konversi pada tanggal 25 dan 26 Juni 2024. Setiap tim peserta bekerja keras dalam mengganti komponen mesin motor berbahan bakar fosil dengan sistem motor listrik yang ramah lingkungan.

Mahameru EVI 2024: Inovasi Kendaraan Listrik Bhayangkara ke-78

Hari 1: Pelatihan Konversi Motor BBM ke Listrik

Pada hari pertama, peserta diperkenalkan dengan dasar-dasar konversi motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi motor listrik. Instruktur berpengalaman memaparkan teori mengenai komponen utama yang diperlukan, termasuk motor listrik, baterai, dan sistem penggerak. Peserta juga belajar mengenai keuntungan dari konversi motor, seperti efisiensi energi dan pengurangan emisi gas buang.

Hari 2: Perakitan Konversi Motor BBM ke Listrik

Pada hari kedua, peserta diajak untuk langsung terjun dalam proses perakitan. Mereka diberikan kesempatan untuk membongkar motor BBM dan menggantinya dengan komponen listrik yang sudah dipelajari pada hari sebelumnya. Instruktur memberikan panduan langkah demi langkah mulai dari pemasangan motor listrik, penyambungan baterai, hingga instalasi sistem kontrol.

Perakitan Konversi Motor BBM ke Listrik

Hari 3: Uji Layak Jalan

Setelah selesai perakitan, motor listrik yang baru dirakit diuji kelayakannya di jalanan. Pada hari ini, peserta diajarkan cara melakukan pemeriksaan keselamatan dan performa kendaraan. Uji coba ini meliputi pengecekan daya tahan baterai, kecepatan maksimal, serta responsivitas motor listrik terhadap medan jalan yang berbeda-beda. Hasil uji coba ini juga dianalisis untuk melihat area yang memerlukan peningkatan.

Hari 4: Safety Riding

Keselamatan berkendara adalah aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Pada hari terakhir pelatihan, fokus utama adalah “Safety Riding” atau mengemudi aman menggunakan motor listrik. Para peserta mendapatkan pelatihan praktik mengenai teknik mengemudi yang aman, antisipasi situasi darurat, dan budaya tertib lalu lintas. Instruktur juga memberikan tips mengenai perawatan rutin dan cara menangani kerusakan kecil yang mungkin terjadi.

Puncak Acara dan Penghargaan

Puncak acara Mahameru EVI 2024 yang berlangsung pada tanggal 27 Juni 2024 dikemas dengan kegiatan safety riding, serta pemberian penghargaan kepada para peserta terbaik. Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, AKBP Lukman Cahyono, menegaskan bahwa acara ini bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan upaya nyata Polda Jatim dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk mempercepat transisi masyarakat menuju penggunaan kendaraan listrik.

“Ini untuk mempercepat pengalihan masyarakat agar cepat beralih ke kendaraan berbasiskan listrik. Lomba yang baru pertama dilaksanakan di antara seluruh jajaran Polda se Indonesia,” ucap AKBP Lukman Cahyono di Mapolda Jatim.

Perakitan Konversi Motor BBM ke Listrik

Manfaat dan Hadiah

Salah satu daya tarik utama dari acara ini adalah hadiahnya. Semua motor yang berhasil dikonversi akan diuruskan surat-surat resminya hingga tuntas agar dapat digunakan di jalan raya. Ini menjadi nilai tambah yang signifikan bagi para peserta, karena motor listrik hasil konversi mereka tidak hanya menjadi proyek latihan, tetapi juga kendaraan legal yang bisa digunakan sehari-hari.

“Motor ini harus sudah layak jalan serta memiliki aspek keselamatan dan keamanan saat dikendarai,” tambah AKBP Lukman. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya Polda Jatim dalam memastikan setiap motor konversi memenuhi standar keselamatan.

Pelatihan Konversi Motor BBM ke Listrik

Kesimpulan

Mahameru EVI 2024 tidak hanya sekadar ajang lomba inovasi, tetapi juga sebuah inisiatif penting dalam mengenalkan dan mempercepat penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Dengan melibatkan berbagai institusi pendidikan dan pelatihan, acara ini juga mendukung peningkatan keterampilan teknis generasi muda. Semoga inovasi ini terus berlanjut dan dapat memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat dan lingkungan.

Tinggalkan komentar

Item added to cart.
0 items - Rp0