Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the woocommerce domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/goldena/smkttaknmarzuqi.sch.id/wp-includes/functions.php on line 6114
IHT Kurikulum Merdeka untuk Guru di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi – SMK Telkom Pati

Jl. Raya Tayu-Puncel Km. 11, Slempung, Dukuhseti, Pati, 59158

Open 07:00 am to 02:00 pm

IHT Kurikulum Merdeka untuk Guru di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi

Warta Sekolah

IHT Kurikulum Merdeka – SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi menggelar In House Training (IHT) Kurikulum Merdeka bagi guru pada tanggal 13-15 November 2023. IHT ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru tentang Kurikulum Merdeka, khususnya bagi sekolah pusat keunggulan.

Narasumber IHT ini adalah Bapak Urip Wahyono, S.Sn., M.Sn dari BBMPV Seni dan Budaya Yogyakarta yang turut hadir pula Bapak Nuzul Imam Fadlillah, S.T., M.Kom beliau adalah Pendamping profesional dari Universitas BSI untuk SMK PK di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi. Dalam paparannya, Bapak Urip menjelaskan bahwa Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. Kurikulum ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:

  • Capaian Pembelajaran (CP): berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh peserta didik.
  • Asesmen: proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian CP peserta didik.
  • Pembelajaran: proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik untuk mencapai CP.

Bapak Urip juga menjelaskan bahwa sekolah pusat keunggulan adalah sekolah yang memiliki keunggulan tertentu dan telah ditetapkan oleh pemerintah. SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi adalah salah satu sekolah pusat keunggulan di bidang seni dan budaya. Oleh karena itu, dalam IHT ini, Bapak Urip lebih fokus membahas penerapan Kurikulum Merdeka di bidang seni dan budaya.

IHT ini diikuti oleh seluruh guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi. Para guru sangat antusias mengikuti IHT ini. Mereka merasa bahwa IHT ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang Kurikulum Merdeka.

Salah satu guru yang mengikuti IHT, Ibu Heni Purwanti, mengatakan bahwa IHT ini sangat membantunya untuk memahami Kurikulum Merdeka. Ibu Henimengatakan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.

“Kurikulum Merdeka ini memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” kata Ibu Heni. “Hal ini sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.”

IHT ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka, khususnya bagi sekolah pusat keunggulan. Dengan pemahaman yang baik, guru dapat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan optimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

IHT Kurikulum Merdeka untuk Guru di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi

Output IHT Kurikulum Merdeka di SMK AKN


Output yang dihasilkan dari pembelajaran IHT Kurikulum Merdeka di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi adalah:

  • Peningkatan pemahaman guru tentang Kurikulum Merdeka, khususnya bagi sekolah pusat keunggulan. Guru-guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi kini memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Kurikulum Merdeka, termasuk filosofi, prinsip, dan komponen-komponennya.
  • Peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Guru-guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi kini memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, termasuk dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan asesmen.
  • Peningkatan motivasi guru untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Guru-guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi kini memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Hal ini karena mereka memahami bahwa Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.

Output-output ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi. Dengan pemahaman yang baik tentang Kurikulum Merdeka, guru dapat menerapkan kurikulum ini dengan optimal untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan mencapai tujuan pendidikan.

Berikut adalah beberapa contoh konkret output yang dihasilkan dari pembelajaran IHT tersebut:

  • Guru-guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi kini mampu menyusun perangkat pembelajaran yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
  • Guru-guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi kini mampu melaksanakan pembelajaran yang lebih aktif, inovatif, dan kreatif.
  • Guru-guru SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi kini mampu melakukan asesmen yang lebih bermakna untuk mengukur pencapaian peserta didik.

Output-output ini menunjukkan bahwa IHT Kurikulum Merdeka di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi telah berhasil mencapai tujuannya.

Item added to cart.
0 items - Rp0